Sabtu, 21 Juli 2012

INVESTASI PASTI POHON PENGHASIL GAHARU


Mahalnya harga jual pohon gaharu saat ini membuat banyak petani mulai tertarik untuk mengembangkan dan membudidayakan pohon gaharu. Selain memiliki harga ekonomis yang tinggi, pohon gaharu juga dapat tumbuh di kawasan hutan tropis. Pengembangan pohon gaharu saat ini tak terlalu banyak dikenal orang. Hanya orang-orang tertentu saja yang sudah mengembangkan dan menanam pohon ini. Padahal, keuntungan dari budidaya pohon gaharu dapat mengubah tingkat kesejahteraan warga hanya dalam waktu beberapa tahun.

 Adapun manfaat gaharu sebagai Aktifitas kebudayaan keagamaan di negara Arab, India, China,Wewangian / parfum dinegara eropa seperti Yves Saint Laurent, Zeenat dan Amourage,Aroma terapi dan penyegaran tubuh,Obat herbal untuk kesehatan dinegara China dan Jepang,Kecantikan berupa sabun, shampo dll.
PENANAMAN
Penanaman dengan sistem monokultur jarak tanam 3m x 3m ( 1000 pohon / ha ), jika ditaman dengan cara tumpangsari / agroforestry  sebaiknya mengambil jarak diagonalnya. Gaharu bisa ditanam dengan tanaman lain seperti: karet, pisang, jagung dll.

PERSIAPAN TANAM
Lubang tanam  40 cm x 40 cm,biarkan lubang minimal 1 hari agar beraerasi dengan udara luar.Masukan kembali tanah galian dengan dicampur dengan kapur dolomit, pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 3 : 1 sampai mencapai ¾ lubang.  Biarkan 7 hari bibit siap ditanam.Masukan bibit dimedia tanam,Jangan sampai batang bibit tertimbun tanah.Beri teduhan atau naungan karena tanaman gaharu dimasa kecil hanya mampu menyerap sinar matahari maksimal 40 %.

INOKULASI ( PENYUNTIKAN )
Inokulasi adalah salah satu hal yang sangat penting dalam usaha gaharu.  Karena resin gaharu sangat tidak mudah terjadi secara alami, sehingga perlu campur tangan manusia seperti dengan pembuatan pelukaan dan memberikan bahan pemicu produksi resin gaharu seperti  vaksin dan bahan lainnya. Vaksin yang biasa diinokulasikan pada pohon gaharu adalah : Fusarium sp., Phialoporaparasitica, Torula Aspergillus sp., Penicillium sp., Cladosporium Epicoccomgranulatum, Clymndrocladium sp., Spha Botrydiplodiatheobromae, Trichodersm sp., Phomopsis sp., Chunninghamellaechinuate sp.
PEMANENAN
-Gubal gaharu dan kemedangan diperoleh dengan cara menebang pohon penghasil gaharu yang telah mati, sebagai akibat terjadinya akumulasi damar wangi yang disebabkan oleh infeksi pada pohon tersebut.
-Pohon yang telah ditebang lalu dipotong-potong dan dibelah, kemudian dipilih bagian kayu yang mengadung damar wangi inilah yang disebut gaharu.
-Agar warna dan kayu gaharu lebih terlihat, kayu gaharu dibersihkan dengan cara dikerok. 
NILAI EKONOMI
Apabila setiap pohonya sekurangnya menghasilkan :  0.6 Kg gubal gaharu, 10 Kg kemedangan dan 20 Kg serbuk (serpih) gaharu.  Dengan harga Rp. 6 Jt untuk kualitas C, Rp. 500 ribu untuk kemedangan dan         Rp. 150 ribu untuk kualitas serbuk maka diperoleh    nilai ekonomi minimal rentan waktu 5-7 tahun menghasilkan 6 – 10 juta per pohon.Seandainya anda menanam 1000 batang tinggal kalikan saja berapa????

 
GABUNG DENGAN KAMI...!!!
UNTUK HIDUP YANG LEBIH BERNILAI  
Info:
Alamat Kantor :
GLOBAL GAHARU
Jalan Sanggau Ledo No. 80 A  Sebalo – Bengkayang 
Kalimantan Barat
Phone :081256823738

Tidak ada komentar: